Rabu, 05 Maret 2014

Difinisi Matematika sebagai sebuah cabang Ilmu Pengetahuan Menurut para Ahli

Matematika adalah sebagai bidang ilmu yang merupakan alat pikir, berkomunikasi, alat untuk memecahkan berbagai persoalan praktis, yang unsur-unsurnya logika dan intuisi, analisis dan kontruksi, generalisasi dan individualitas, dan mempunyai cabang-cabang antara lain aritmatika, aljabar, geometri, dan analisis[1].

Menurut Soedjadi dalam Uno dan Kuadrat, 2009 Matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak, aksiomatik, dan deduktif. Hakikat belajar matematika adalah suatu aktivitas mental untuk memahami arti dan hubungan-hubungan serta simbol-simbol, kemudian diterapkan dalam situasi nyata[2].

Matematika adalah ilmu tentang struktur yang terorganisasikan[3]. Ruseffendi (2006: 260) matematika terdiri 4 wawasan yang luas ialah: Aritmatika, Aljabar, Geometri, dan  Analisis. Selain itu matematika adalah Ratunya ilmu (mathematics is the Queen of the sciences).

Menurut Irzani, pendangan pakar matematika tergantung dari sudut pandang mana pakar melihat matematika. Salah satu difinisi yang dikemukakan Irzani (2010:5) Matematika adalah pengetahuan tentang fakta-fakta kuantitatif dan masalah tentang ruang dan bentuk.



[1] Uno; Masri Kuadrat. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran.( Jakarta: Bumi Aksara, 2009) h. 109
[2] Ibid,. h. 110
[3] Ruseffendi. Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. (Bandung: Tarsito, 2006) h.261

Tidak ada komentar: